Ini yang terjadi jika Ngeblog Demi AdSense


Selamat siang sobat-sobat saya yang super. Bagaimana kabarnya? Semoga kita selalu diberi berkah oleh yang Maha Kuasa. Amin
99% Blogger mengalami stress sebab ditolak Adsense
Ilustrasi Yang Nyata
Masih dalam topik yang sama yaitu tentang blogger, dan kali ini saya akan membuat artikel berjudul: "Ini yang terjadi jika Ngeblog Demi Adsense". Memang-nya apa yang terjadi jika kita ngeblog demi Adsense? Pertanyaan yang super sekali, hemm.. sedikit rumit untuk dijelaskan, tapi akan saya coba untuk menjelaskan.

10 dari 10000 Blogger

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa setiap blogger ingin memiliki penghasilan dari blog dengan cara mengikuti program advertising paling booming di dunia blogging, apalagi kalau bukan Google Adsense. Jika iya, maka sama dengan saya. Lalu ada pertanyaan, apakah memang semua blogger seperti itu, hanya ingin ngeblog demi penghasilan dari Google Adsense? Oh tentu tidak, banyak juga para blogger yang melakukan aktivitas ngeblog hanya untuk mencari kesenangan semata atau sekedar hobi dan ingin punya blog, atau menyalurkan informasi yang bermanfaat kepada para pembaca, tanpa ada pikiran untuk memiliki penghasilan dari blog. Kalau dikira-kirakan mungkin sekitar 10 dari 10000 blogger saja yang seperti itu. What!? dan sisanya 9990 adalah mereka ingin punya penghasilan dari blog, tak terkecuali saya. :D

Jika kamu termasuk dari 10 blogger tersebut, maka besar kemungkinan kamu tidak mudah stress saat menjalani dunia blogging, kamu akan menikmati aktivitas ngeblog sehari-hari dengan senang, tak ada beban yang menghalangi kamu untuk terus membuat karya. Betul toh?  Pernah merasakan seperti itu saat kamu ngeblog? Jika iya, maka itu luar biasa.

Tapi sebaliknya jika kamu masuk dalam golongan blogger 9990, maka dapat dipastikan kamu pernah atau bahkan sering mengalami stres saat beraktivitas ngeblog. Menulis artikel kalau ada maunya saja (posting saat nungguin review kedua Adsense saja) Betul toh? Hayoo jujur saja, tidak usah malu-malu kucing gitu, saya juga seperti itu kok, tapi itu dulu, kalau sekarang sih MASIH. :D

Jika Ngeblog Demi Adsense

Memang-nya apa yang akan terjadi jika ngeblog demi Adsense? Ini masih menjadi misteri di kalangan para blogger, ada yang menganggap ngeblog demi Adsense sebagai hal yang positif dan ada pula yang menganggap sebagai hal yang negatif. Dan dari sinilah hikmah itu muncul karena ada dua pendapat yang berbeda (bukankan perbedaan pendapat bisa menghasilkan hikmah) kita sebagai blogger harus pintar dan cerdas untuk memilah dua pendapat tersebut, iya harus cerdas, karena pintar saja belum cukup. Cekidot gan:

Dampak Positif Jika Ngeblog Demi Adsense Karena:

1. Faktor Ekonomi Mepet - Persentase keberhasilan 50% (Nilai C)
Ini masuk dalam kategori para blogger yang sudah bekerja offline, tapi penghasilan belum bisa mencukupi. Hal ini bisa membuat semangat saat ngeblog demi menambah penghasilan mereka. Bisa untuk tambahan biaya kuliah, tambahan pemasukan untuk keluarga, atau untuk para jomblo yang ingin cepat dapat pacar, karena sekarang untuk semua hal diatas tidaklah gratis, apalagi untuk para jomblo yang sedang mencari pacar itu perlu modal, buat beli pulsa, motor atau mobil yang bagus, penampilan keren dan menawan, rambut klimis minyak jelanta. Dan pada saat ditolak Adsense, mereka akan tetap ngeblog demi tercapainya keinginan menambah penghasilan. Dari sinilah ngeblog karena terpaksa itu muncul, meskipun ada beban karena ditolak Adsense mereka tetap lanjut untuk ngeblog. Tapi tak jarang dan bahkan banyak dari mereka yang menyerah, maka dari itu persentase keberhasilan 50%.

2. Faktor Hobi - Persentase keberhasilan 60% (Nilai B)
Hobi memang bisa menjadi perantara untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya adalah hobi ngeblog, banyak para blogger diluar sana yang berhasil menjadikan hobi ngeblognya sebagai ladang penghasilan mereka, mereka tidak terbebani saat ngeblog karena berlandaskan hobi alias kesenangan berbagi informasi semata. Meskipun kadang terbesit untuk mendapatkan penghasilan dari blog, para blogger hobi yang berhasil diluar sana adalah mereka yang mementingkan kontennya demi memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk para pembaca, dan me-nomer dua-kan Google Adsense. Saat ditolak Adsense, mereka akan tetap ngeblog dan terus berbagi informasi yang bermanfaat, karena mereka sudah hobi ngeblog. Jika tidak demikian, maka para blogger hobi sulit untuk mencapai keberhasilan mendapatkan penghasilan dari blog.

3. Faktor Belum Kerja - Persentase keberhasilan 70% (Nilai A)
Sudah melamar ke beberapa perusahaan untuk bekerja, namun belum ada panggilan atau bahkan ditolak, ujung-ujungnya tidak ada pemasukan. Mereka yang mencari alternatif lain dengan cara ngeblog dan mengikuti Google Adsense (bagi yang punya skill ngeblog) kemungkinan besar akan berhasil. Para blogger seperti ini akan semangat ngeblog jika memang tidak ada pemasukan, karena ngebloglah satu-satunya pekerjaan yang dijalani untuk mendapatkan penghasilan, bisa dikatakan sebagai Full Time Blogger. Dan pada saat ditolak Adsense, mereka tetap semangat ngeblog, meskipun karena terpaksa, agar dapat diterima Adsense. Faktor seperti ini lebih besar persentase keberhasilan-nya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog.

Dampak Negatif Jika Ngeblog Demi Adsense Karena:

1. Akan Malas Menulis Artikel - Persentase keberhasilan 40%
Mereka akan merasa terbebani jika ngeblog demi Adsense, karena tidak memiliki tujuan memberi kontribusi yang bermanfaat untuk para pembaca, apalagi kalau sudah ditolak Adsense. Mereka jarang sekali menulis artikel, akan menulis jika saat review Adsense berlangsung saja. Jika sudah demikian maka para blogger seperti ini akan:

2. Membeli Artikel - Persentase keberhasilan 30%
Jika penyakit malas menulis artikel sudah merasuki para blogger, dengan terpaksa mereka akan membeli artikel untuk memperbanyak konten di blog mereka. Dengan begitu mereka merasa bisa mengelabui Google agar dapat diterima Adsense, karena terlihat seakan blog rutin memposting artikel. Jika sudah kehabisan uang karena terus membeli artikel, maka para blogger seperti ini akan:

3. Copy Paste Artikel - Persentase keberhasilan 20%
Iya, tidak dipungkiri lagi bagi para blogger yang satu ini. Karena disebabkan malas untuk menulis artikel, lalu kehabisan uang untuk membeli artikel, akhirnya mereka melakukan tindakan kriminal blogger yaitu Copy Paste. Inilah kejahatan dalam dunia blogging yang paling sering dilakukan oleh para blogger. Jika sudah memasuki kategori blogger yang suka Copy Paste, sudah pasti mereka akan:

4. Hilang Semangat Ngeblog – Persentase keberhasilan 10%
Itu sudah pasti, bagaimana tidak kehilangan semangat ngeblog, lah mendaftar Adsense selalu ditolak, karena alasan situs tidak mematuhi kebijakan Google (ya iyalah dari awal sudah salah niat), karena alasan konten tidak memadai (jelas!, lah semua artikelnya hasil copy paste), dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika semua ini terjadi? Yang pasti para blogger seperti ini akan:

5. Berhenti Ngeblog - Persentase keberhasilan 0%
Kalau sudah ada pada stadium ini, sepertinya sudah tidak perlu lagi dibahas. Apa coba yang akan dibahas jika sudah berhenti ngeblog? Tidak ada toh.

Kesimpulan:  Sekarang daftar Google Adsense semakin sulit, tidak seperti tahun-tahun lalu, beruntung-lah mereka yang mendapatkan Google Adsense pada zaman itu, jagalah dan bersyukurlah kalian. Lalu bagaimana jika sudah seperti ini apa yang harus kita lakukan?

  • Pertama: Menata niat ngeblog. Lihat artikel saya sebelumnya tentang Tujuan Menjadi Seorang Blogger.
  • Kedua: Lupakan Google Adsense sejenak. Fokus untuk terus menulis artikel yang bermanfaat, perbaiki kualitas blog dan jangan hanya terfokus untuk Adsense.
  • Ketiga: Tetap semangat ngeblog. Jika sering ditolak Adsense, jangan putus semangat untuk tetap ngeblog, bangun, bangun, dan bangun untuk menjadi lebih baik lagi, penolakan adalah penerimaan yang tertunda.
  • Keempat: Rejeki bukan hanya di Google Adsense. Kita sudah tahu bahwa rejeki datangnya dari Allah, dan rejeki bukan hanya ada di Adsense saja, masih banyak diluar sana program advertising yang bagus selain Adsense.
  • Kelima: Berdoa dan Tawakal. Kunci terakhir adalah berdoa dan tawakal, jika kita sudah melakukan hal benar dan terbaik saat ngeblog, percayalah semua itu tidak akan sia-sia, karena Allah tidak tidur. Man Jadda Wajada.

Mungkin cukup itu saja penjelasan dari saya, jika ada yang kurang berkenan silahkan beri saya kritik dan saran yang mendukung, karena saya juga masih blogger pemula.

Terima kasih sudah membaca artikel Ini yang terjadi jika Ngeblog Demi Adsense, sampai bertemu di artikel berikutnya. :)


14 komentar

1 Maret 2016 09.41

Iya, ngeblog itu harus dari hati. Adsense cuman bayaran atas semua kerja keras yang lo udah lakukan.

Balas
avatar
1 Maret 2016 12.48

Dari mata turun ke hati ya mas Mukhsin =D

Balas
avatar
7 Maret 2016 19.55

Alhamdulillah gue ngeblog atas dasar hobi. Urusan diterima atau enggaknya oleh GA mah belakangan. Yang penting nulis! Hohoho.
Daripada ngejar-ngejar Google Adsense, mending nulis, trus kirim ke penerbit buku. Jadilah penulis besar. Tentunya harus merhatiin kualitas tulisan juga (gak asal tulis) kalo mau jadi penulis sukses. :)

Balas
avatar
8 Maret 2016 22.36

Jawaban Super sekali :) |o|

Balas
avatar
5 Mei 2016 15.47

Seperti itu memang =D

Balas
avatar
6 Juli 2016 05.36

Thanks gan udah mampir :)

Balas
avatar
17 November 2016 05.33

Iya mas, ngeblog itu hrs dari hati dan konsisten sih. Gimana supaya tetap konsisten.? Mudah, yg penting hoby nulis dan fokus pada satu topik yg kita sukai. SekedarcontohD, Dulu saya hoby banget ngoprek HP Symbian. Karena hoby saya itu, saya pun berinisiatif membagi ilmunya pd teman-teman blogger yg lain. Maka di buatlah blog pertama saya. Bikin artikel, banyak yg komen, ketagihan akhirnya terus konsisten nulis postingan satu artikel satu hari hasil karya sendiri. Isinya macem2, tapi gak jauh2 dari soal HP. Bikin artikel yg sebenernya biasa namun di kemas dengan gaya bahasa yg lucu dan menghibur bikin pengunjung ketagihan buat baca setiap hari. Seiring dengan tenggelamnya nokia dan beralih ke android mulai bikin saya malas ngeblog. Semangat tiba2 hilang setelah 3 tahun konsisten nulis. Dan akhirnya terbengkalai smpai sekarang. Hehehe.... Sekedar curhat dan salam kenal

Balas
avatar
21 November 2016 16.46

Setuju Mas Dyka :D
Salam kenal juga, terima kasih telah berkunjung (y)

Balas
avatar
7 Maret 2017 14.23

dulu sudah sering sih ditolak sama adsense, dan sekarang.........masih tetap di tolak :)

Balas
avatar

Berkomentarlah sesuai topik artikel & Mohon tidak melakukan spam atau komentar negatif

View MoreARTIKEL PILIHAN